cara merawat kucing agar tetap sehat | cara terbaik cara merawat kucing agar tetap sehat | cara terbaik Widget by seribu|kumpulan informasi unik

cara merawat kucing agar tetap sehat | cara terbaik

kucing merupakan hewan peliharaan yang paling banyak di minati oleh pecinta binatang dimanapun,selain menggemaskan dan bisa diajak bermain,juga merupakan hewan yang halal untuk di pelihara.kenapa? karena kucing merupakan hewan kesayangan dari nabi Muhammad SAW.
merawat kucing, kucing, muezza, kucing nabi,kucing sehat,cara merawat kucing

yang paling penting adalah,jika anda mempunyai hewan peliharaan,jagalah dengan baik serta berikan
makanan yang tertaur,karena itu merupakan kewajiban,seperti yang di sebutkan dalam  sebuah hadist shahih Al Bukhari, dikisahkan tentang seorang wanita yang tidak pernah memberi makan kucingnya, dan tidak pula melepas kucingnya untuk mencari makan sendiri, Nabi Muhammad SAW pun menjelaskan bahwa hukuman bagi wanita ini adalah siksa neraka.

Dari Ibnu Umar RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Seorang wanita dimasukkan kedalam neraka karena seekor kucing yang dia ikat dan tidak diberikan makan bahkan tidak diperkenankan makan binatang-binatang kecil yang ada di lantai” (HR. Bukhari).
merawat kucing, kucing, muezza, kucing nabi,kucing sehat,cara merawat kucing

nah kali ini seribuji akan memberikan sedikit cara merawat kucing agar tetap sehat:

1. Sediakan tempat kotoran kucing

Kucing merupakan hewan yang suka kebersihan, sediakan tempat untuk kucing buang kotoran, gunakan tempat atau bak yang terbuat dari plastik agar dapat dicuci atau dibersihkan, sebaiknya isi bak kotoran dengan pasir khusus, seperti pasir zeolite atau pasir gumpal.
Menyediakan perlengkapan kucing
Perlengkapan untuk memelihara dan merawat kucing yang perlu kita sediakan yaitu,
Tempat makan dan minum kucing, sebaiknya gunakan yang berbahan stainless dan mempunyai lebih dari satu Tempat menyimpan makanan kucing apabila memberi makan kucing dry food atau makanan kering
Tempat buang kotoran atau bak pasir
Serok untuk membuang kotoran pada bak pasir
Kandang kucing, yang sesuai dengan ukuran kucing
Pet cargo, keranjang kucing untuk membawa kucing bepergian, seperti ke dokter hewan
Alat alat grooming, seperti sisir, gunting kuku kucing
Shampo kucing
Disinfektan
Kanebo atau handuk untuk mengeringkan bulu kucing
Blower atau Hair dryer
dll

Cara merawat kucing agar terhindar dari penyakit
Virus dan bakteri juga menyerang kucing, kucing yang terserang virus dapat beresiko kematian, oleh karena itu cara merawat kucing yang baik itu salah satunya dengan menjaga kucing terhindar dari serangan virus dan bakteri, yaitu dengan melakukan vaksinasi kucing.

Vaksinasi kucing
Lakukan vaksinasi kucing sesuai yang dianjurkan oleh dokter hewan. Vaksinasi kucing merupakan tindakan preventif dengan memasukkan agen virus yang sudah dilemahkan ke dalam tubuh kucing untuk merangsang kekebalan tubuh dan memperkuat daya tahan tubuh dari serangan virus dan bakteri berbahaya, seperti virus panleukopenia, virus rhinotrachitis, virus calici, virus rabies, bakteri chlamydia, dll.

Anak kucing sebaiknya sudah divaksin pada umur sekitar 8-10 minggu dan diulang pada 1 bulan berikutnya untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Setelah itu vaksinasi kucing sangat dianjurkan pengulangan setiap tahun. Pada kucing yang belum pernah divaksin dan berumur diatas 6 bulan cukup dilakukan vaksinasi setahun sekali.

Selain vaksinasi, kucing juga perlu asupan vitamin tambahan supaya kucing selalu dalam kondisi sehat. Beri vitamin A, D, E, Lysine, minyak ikan, omega 3, omega 6, dll.


Ditulis Oleh : ~ seribu | kumpulan informasi unik

Nama Blog Anda Anda sedang membaca artikel tentang cara merawat kucing agar tetap sehat | cara terbaik. Anda diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Atas perhatian nya ©Seribu | Kumpulan informasi unik ucapkan Terima Kasih, semoga artikel cara merawat kucing agar tetap sehat | cara terbaik ini bermamfaat:

:: Get this widget ! ::

Comments
0 Comments