suku toraja suku terunik di dunia suku toraja suku terunik di dunia Widget by seribu|kumpulan informasi unik

suku toraja suku terunik di dunia

toraja salah satu suku paling unik di indonesia dan dunia tentunya,selain daerahnya yang luar biasa dingin karena terletak di daerah pegunungan membuat daerah ini tidak perlu membeli kulkas hehehe..soalnya disana sudah dingin banget,kayak didalam kulkas aja..

sebagai seorang manusia yang lama menetap di tempat terunik ini tidak baik rasanya jika seribuji tidak membagi sedikit tentang keunikan suku toraja..cekidooooot
tana toraja, keunikan tana toraja, keunikan toraja, toraja unik


Toraja atau sering disebut bumi lakipadada ini juga menawarkan beberapa keunikan budaya lokalnya yang sangat original diantaranya adalah rumah adatnya. Dalam bahasa Suku Toraja, rumah adat yang sekilas terlihat seperti perahu atau kepala kerbau itu sering disebut dengan sebutan “Tongkonan” yang berarti “duduk”. Hal tersebut diartikan sebagai tempat “duduk” untuk bermusyawarah antar warga masyarakat suku Toraja. Dan Itu artinya masyarakat Toraja sebenarnya telah mengenal sistem demokrasi sejak beratus ratus tahun yang lalu.
tana toraja, keunikan tana toraja, keunikan toraja, toraja unik
Dalam hal pemakaman, suku Toraja sangat terkenal menjaga adat istiadatnya. Di bumi lakipadada ini, pemakaman biasanya selalu erat hubungannya dengan status sosial dan kerbau. Makin banyak kerbau yang dikorbankan makin tinggi status sosialnya. Hal ini dikarenakan masyarakat Toraja percaya bahwa para arwah memerlukan kerbau sebagai kendaraan menuju Puya (dunia arwah atau akhirat) dan semakin banyak kerbau yang disembelih maka akan semakin cepat arwah tersebut mencapai tempat peristirahatan. Setelah itu, suku Toraja mempunyai tradisi untuk menempatkan jenazah para terdahulunya di dalam goa, makam batu yang berukir atau digantung di tebing. Mereka percaya semakin tinggi jenazah ditempatkan, maka semakin cepat pula sang arwah mencapai Puya.

Selain budaya, tanah toraja juga menawarkan beberapa wisata sejarah. Salah satunya adalah Objek wisata Lemo. Disini para wisatawan akan disuguhi peninggalan-peninggalan nenek moyang suku toraja yang punya kepercayaan terhadap paham animisme (kepercayaan terhadap benda hidup atau mati) dan pemujaan terhadap leluhur. Berbeda dengan mayoritas masyarakat Toraja kini yang banyak menganut paham nasrani. Bukti dari fakta sejarah tersebut, dapat dilihat dari beberapa benda yang menjadi simbol pemujaan masa lalu yang masih terjaga. Berkeliling diobjek wisata lemo ini, akan memberikan pengalaman baru bagi anda tentang nuansa kehidupan ribuan tahun yang lalu, sebuah catatan sejarah yang tak lekang oleh zaman dan masih bisa dirasakan hingga zaman sekarang.

Ditulis Oleh : ~ seribu | kumpulan informasi unik

Nama Blog Anda Anda sedang membaca artikel tentang suku toraja suku terunik di dunia. Anda diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Atas perhatian nya ©Seribu | Kumpulan informasi unik ucapkan Terima Kasih, semoga artikel suku toraja suku terunik di dunia ini bermamfaat:

:: Get this widget ! ::

Comments
1 Comments